Senin, 11 Januari 2016

4 daerah Wisata sidoarjo selain lumpur lapindo

hak foto milik world travel


Sidoarjo Kota Udang dan Ikan, cenderung memiliki hawa panas mungkin terpengaruh dengan kawasan lumpur lapindonya, namun demikian jauh dari lapindo ada 9 destinasi wisata yang cukup menarik untuk kita kunjungi.

Meski kecil, Sidoarjo merupakan penyangga utama Kota Surabaya lho. Pentingnya keberadaan Sidoarjo bagi Jawa Timur, juga terbukti dari bergabungnya Sidoarjo dalam Satuan Wilayah Pembangunan (SWP) Jawa Timur yang dikenal sebagai Gerbangkertasusila. Semacam Jabodetabek-nya Jawa Timur. Layaknya sebuah kawasan metropolitan, sektor pembangunan dan industri menjadi fokus utama pemerintah di Kota Delta ini.

Hal itulah yang membuat Sidoarjo lebih dikenal sebagai kawasan industri. Dari beberapa sektor ekonomi, perikanan merupakan sumber perekonomian utama Sidoarjo. Selain itu, ada pula industri besar, jasa dan industri kecil yang berkembang baik, menjadi sumber kemapanan masyarakatnya. Di satu sisi, kemajuan pembangunan di bidang industri, tidak dibarengi dengan peningkatan fasilitas wisata yang mencukupi. Hadirnya mal dan beberapa pusat hiburan modern, mungkin hanya cocok untuk menjadi hiburan sesaat di akhir pekan. Imbasnya, saat musim liburan panjang, kebanyakan warga Sidoarjo lebih memilih plesir ke luar daerah seperti Malang Raya hingga Bali.

Lantas, apa nggak ada tempat menarik yang bisa dikunjungi di Sidoarjo?

Saya selalu percaya, setiap tempat memiliki keunikan tersendiri dan bisa menjadi potensi wisata jika dipromosikan serta didukung oleh berbagai pihak. Begitu juga dengan Sidoarjo. Minimnya sosialisasi tempat-tempat menarik membuat beberapa potensi wisata kurang begitu dikenal, bahkan oleh warganya sendiri. Padahal, beberapa tempat berikut ini sangat potensial untuk dijadikan wisata alam, budaya, sejarah, belanja hingga kuliner – yang saya yakin nggak kalah menarik dengan daerah lain di Indonesia.

Delta Fishing Sidoarjo, Sekali Rekreasi Penat Hilang Perut Kenyang
hak foto milik world travel

Hobi memancing? Salurkan gaya melempar kail yang begitu terampil di kolam pemancingan Delta Fishing Sidoarjo. Nggak hanya bisa memancing, wisatawan juga bisa menikmati ikan-ikan besar hasil pancingan, seperti nila, gurami, bawal, mujaer dan bandeng. Tinggal pesan resep masakan yang diinginkan, hidangan ikan segar nan lezat bisa langsung disantap di gubuk-gubuk teduh yang berjajar di sekitar kolam pemancingan. Sambil menunggu ikan hasil pancingan matang, wisatawan juga bisa berenang maupun bermain sepeda air di pusat rekreasi yang berada di Desa Prasung, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo ini. Bahkan, tersedia juga fasilitas outbond dan flying fox untuk menguji adrenalin. Sudah penat hilang dengan memancing, tubuh sehat selama liburan dengan berenang dan outbond, perut pun kenyang dengan makanan bergizi. Komplit deh!
selain delta fishing adapula Kusuma Tirta Minapolitan

Candi Pari: Warisan Majapahit Bergaya Arsitektur Vietnam


Masih di Kec. Porong dan nggak jauh dari Lumpur Lapindo, ada peninggalan sejarah yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Candi Pari. Candi peninggalan kerajaan Majapahit ini berbentuk persegi panjang dari batu bata dengan arsitektur bergaya Campa, Vietnam. Pengaruh budaya ini bisa dilihat dari kemiripan bangunan dan ornamen Candi Pari dengan bangunan candi yang ada di wilayah Mison, Vietnam. Seperti namanya, wisatawan dapat mengunjungi wisata sejarah ini di Desa Candi Pari, Kec. Porong, Kabupaten Sidoarjo.

Pecinta Tas Wajib Datang Ke Sentra Tas Tanggulangin


Dari Kec. Porong bergerak ke timur menuju Kec. Tanggulangin. Lebih tepatnya ke Desa Kludan dan Kedensari, wisatawan bisa menikmati wisata belanja produk lokal berkelas dunia di Sentra Tas Tanggulangin. Salah satu produsen besar tas Tanggulangin ini adalah Esprobags. Sukses memenuhi standar kualitas tas di pasar mancanegara membuat handmade bag dari Tanggulangin banyak diminati masyarakat mancanegara. Beragam produk dan model tas dapat secara mudah ditemukan di toko dan vendor tas yang ada di sepanjang Jalan Raya Kludan. Wisatawan juga bisa memesan secara ekslusif desain tas yang diinginkan. Ketersediaan bahan baku dan perajin lokal yang sudah berpengalaman selama belasan tahun, membuat tas-tas berkualitas yang dijual berharga miring.

Museum Mpu Tantular
Hak Milik Foto: Pariwisata Sidoarjo]

Masih ingat dengan perkataan Bung Karno? Bangsa yang besar tak akan melupakan sejarahnya. Untuk mewujudkan cita-cita mulya Bung Karno itu, dibangunlah Museum Mpu Tantular Sidoarjo. Nama Mpu Tantular diambil dari salah satu ahli bahasa terkemuka di era Kerajaan Majapahit, yaitu Mpu Tantular. Banyak koleksi sejarah dipamerkan dalam museum yang terletak di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo ini. Mulai koleksi emas, etnografi, numismatik, geologi, biologi, arkeologi hingga seni rupa pada abad ke-14.


sumber artikel:
https://iwantantomi.wordpress.com/2015/07/09/punya-9-destinasi-menarik-potensi-wisata-sidoarjo-bukan-hanya-lumpur/
http://www.hipwee.com/list/magisnya-kota-sidoarjo-dengan-11-wisata-tersembunyi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar